Pusat Unggulan IPTEK Javanologi (PUI Javanologi) Universitas Sebelas Maret menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion Penyempurnaan Sistem UNS Jawametrik 2023. Kegiatan ini berlangsung pada hari Jumat, 2 Juni 2023 pukul 10.00  – 14.00 WIB dengan menghadirkan pakar UI Greenmetric, Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari MM. MSc. Dalam acara ini juga turut dihadiri oleh Ketua PUI Javanologi,  Prof. Sahid Teguh Widodo, S.S., M.Hum.,Ph.D.; Ketua Pelaksana UNS Jawametrik, Ir. Ary Setyawan M. Sc., Ph. D.; Sekretaris PUI Javanologi, Dr. Basuki Sumartono, M.Sn.; Koordinator Akselerasi dan Pengembangan Program PUI Javanologi, Dr. Dewi Retno Sari Saputro, S.Si., M.Kom.; beserta tim 11, para peergroup dan staf PUI Javanologi. Acara dilaksanakan di Ruang Meeting Lantai 2, Gedung R.Ng. Ranggawarsita, PUI Javanologi, UNS.

Penyempurnaan Sistem UNS Jawametrik ini digelar dengan tujuan untuk mendapatkan pembinaan sekaligus nasihat dan evaluasi dari para pakar metrik agar kedepannya UNS Jawametrik dapat mengumumkan para nominasi dari berbagai Institusi Perguruan Tinggi sebelum tanggal 21 Juni 2023.

“Kami sangat senang dan berterima kasih sekali Prof. Riri ditengah agendanya yang sangat padat dapat meluangkan waktunya untuk rawuh ke PUI Javanologi memberikan nasihat kepada tim UNS Jawametrik agar sistem UNS Jawametrik yang kami buat semakin sempurna sebelum akhirnya kami umumkan pada tanggal 21 Juni 2023 besok”, tandas Prof. Sahid Teguh Widodo selaku ketua PUI Javanologi.

Ketua Pelakasana UNS Jawametrik, Ir. Ary Setyawan M. Sc., Ph. D. memberikan pengantarnya bahwa pertemuan ini merupakan round kedua setelah diumumkan pada tahun 2021 kemarin. Inisiasi UNS Jawametrik tak terlepas dari latar belakang kota Solo sebagai The Spirit of Java dan menjadi ciri khas yang tidak dimiliki oleh Perguruan Tinggi lain yang bertumpu pada kebudayaan Jawa.

“UNS Jawametrik tak lepas dari rasa terinspirasi kami kepada UI Greenmetric. Perlu kami sampaikan bahwa pada tahun ini ada peningkatan pendatang baru dibandingkan tahun 2021″, ucap Dr. Ary Setiawan.

Pakar UI Greenmetric, Prof. Riri memberikan pesan sekaligus harapan bahwa UNS Jawametrik kedepan dapat berkembang seperti UI Greenmetric karena memiliki keunikan sendiri yang sangat menguatkan ciri khas Universitas Sebelas Maret sebagai Perguruan Tinggi Negeri yang bertumpu pada kebudayaan lokal, khususnya Jawa. Beliau juga mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya UNS Jawametrik yang akan dihelat kedua kalinya.