Visi dan misi

Visi dan Misi PUI Javanologi UNS dalam menjadi pusat tradisi budaya Jawa.

Visi

Menjadikan tradisi kearifan lokal sebagai ideologi strategi pembangunan jati diri bangsa Indonesia.

Misi

Mewujudkan suatu wadah pemikiran budaya Jawa sebagai pilar pendukung utama Universitas Sebelas Maret Surakarta yang berbasis nilai-nilai luhur budaya nasional.

 

Meningkatkan berbagai kajian mendalam terhadap hasil karya cipta budaya intelektual Jawa yang berbhineka dari aspek gagasan dan pandangan hidup (ideafact), sistem perilaku sosial (social fact), dan wujud atau bentuk (artefact).

 

Penggalian nilai-nilai luhur budaya Jawa dalam berbagai bentuk forum komunikasi ilmiah sebagai upaya untuk memperkokoh, memperkaya, dan lebih mewarnai nilai luhur kearifan lokal dalam pembentukan, pembinaan, dan pengembangan jati diri bangsa Indonesia.

 

Meningkatkan pengelolaan tradisi budaya yang mencakup tindakan inventarisasi, pemeliharaan, penelitian, pengembangan, pendayagunaan, penyebarluasan, dan revitalisasi nilai-nilai luhur kearifan lokal Budaya Jawa.

 

Menjalin kerjasama kemitraan dengan berbagai elemen, baik negeri maupun swasta, sebagai upaya konkrit pelestarian, pembinaan, dan pengembangan kebudayaan Jawa.

 

Menyelenggarakan berbagai model dan jenis pelatihan dan pembelajaran dialogis yang bersifat motivatif terhadap aspek pengetahuan, ketrampilan, nilai-nilai kebudayaan Jawa kepada masyarakat luas.