Tembang Dolanan Gambang Suling

Gambang Suling merupakan lagu daerah yang berasal dari daerah Jawa Tengah. Gambang Suling merupakan lagu ciptaan seorang mestro kesenian asal Jawa Tengah, Ki Narto Sabdo. Beliau adalah seorang musisi dan dalang wayang kulit legendaris yang menciptakan ratusan lagu yang populer dan digemari banyak orang. Lagu ini diciptakan karena terinspirasi dari kekaguman Ki Narto Sabdo pada alat musik suling. Lagu ini memiliki tempo andante seperti berjalan kaki (76-108 bpm).

Tembang dolanan Gambang Suling biasanya dinyanyikan oleh anak-anak pedesaan dalam permainan lokal. Lagu ini masuk dalam bidang pembelajaran sekolah khususnya di daerah Jawa Tengah. Lagu Gambang Suling sangat identik dengan alat musik seruling karena setiap liriknya menceritakan tentang bagaimana alat seruling digunakan dan bagaimana bunyi yang dihasilkan. Ki Narto Sabdo sang pencipta lagu ini sangat menyukai alat musik seruling sehingga dirinya dapat menciptakan lagu Gambang Suling dengan setiap lirik yang menggambarkan harmonisasinya alat musik seruling.

Tembang dolanan Gambang Suling sering digunakan sebagai musik pengiring pementasan wayang. Dengan tempo andante lagu Gambang Suling sangat cocok digunakan untuk pengiring pementasan wayang karena temponya yang lambat. Gambang Suling akan menjadi lagu daerah yang akan terus diperkenalkan kepada generasi penerus, selain lagunya yang pendek namun setiap lirik dan bait sangat memiliki makna yang dalam.