Prof. Sahid Teguh Widodo selaku ketua PUI Javanologi Universitas Sebelas Maret bertolak ke Amsterdam, Belanda untuk melangsungkan penandatanganan MOA [Memorandum of Agreement] antara Yayasan ‘Jawa ing Diaspora Walanda’ / Javanen in Diaspora Nederland (JID-NL) dengan PUI Javanologi UNS Surakarta. Acara ini berlokasi di Padjak De Smeltkroes di Amsterdam Selatan-Timur pada tanggal 10 – 12 September 2023 dalam tajuk: Meeting – Samenwerking Stiching Javanen in Diaspora Nederland en de Universiteit UNS van Solo.

Acara dibuka dengan dengan tembang macapat Singgah-Singgah oleh Ketua Javanologi UNS yang memiliki filosofi agar hubungan antara kedua pihak berjalan lancar dan berkah. Selanjutnya dilakukan penandatangan Memorandum of Agreement oleh Bapak Johan Raksowidjojo selaku Ketua Yayasan Javanen in Diaspora Nederland dengan Prof. Sahid Teguh Widodo, M.Hum., Ph.D. selaku ketua PUI Javanologi Universitas Sebelas Maret dan disaksikan para Anggota Yayasan ‘Jawa ing Diaspora Walanda’ hingga para tetua Bangsa Jawa.

Adapun tujuan dari penandatanganan Kerjasama ini adalah menyebarkan pengetahuan dan keterampilan dari PUI Javanologi UNS kepada masyarakat Jawa di Belanda, yang berisi: budaya Jawa, jati diri, seni pertunjukan, busana batik, aneka warna masakan Jawa, dan wayang sekaligus cara menyebarkan pengetahuan dan keterampilan dari Jawa Tengah, yang bisa dianggap sebagai asal-usul budaya Jawa.

Adapun terdapat 7 poin yang disepakati antara PUI Javanologi dengan Javanen in Diaspora Nederland dalam Kerjasama ini ialah:

  1. Mengadakan Webinar dengan tema / topik menarik mengenai hubungan Masyarakat Jawa Suriname dengan Jawa Indonesia, negaranya orang tua (nenek moyang) yang diadakan JID-NL dengan Javanologi UNS secara hybrid (online dan offline) yang dapat dijangkau secara global dari Javanologi UNS;
    2. Sekolah Budaya, yaitu kursus budaya filosofi budaya, bahasa Jawa, kuliner Jawa, batik dan karawitan Jawa (Gamelan), kursus intensif Warisan Budaya Jawa (Teko Jahe / Ginger Pot), yang diadakan Javanologi UNS;
    3. Muhibah Seni Budaya Jawa;
    4. Digitalisasi naskah Jawa;
    5. Adanya visiting Professor dari PUI Javanologi UNS;
    6. Kolaborasi Penelitian;
    7. Publikasi

Bertemu Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Den Haag

Ketua Pusat Unggulan IPTEK Javanologi (PUI Javanologi) Universitas Sebelas Maret, Prof. Sahid Teguh Widodo, S.S., M.Hum., Ph.D. bersama Bapak Johan Raksowidjojo selaku Ketua Yayasan Javanen in Diaspora Nederland berkunjung ke Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Belanda di Den Haag pada tanggal 11 September 2023. Kegiatan ini dilakukan sebagai rangkaian kunjungan dan tindak lanjut atas penandatanganan Memorandum of Agreement antara Yayasan ‘Jawa ing Diaspora Walanda’ / Javanen in Diaspora Nederland (JID-NL) dengan PUI Javanologi UNS Surakarta sekaligus bertemu dengan Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Keduataan Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Belanda, Prof. Dr. Agus Setiabudi, M.Si.

Pertemuan yang berlangsung singkat di Kantor KBRI Den Haag ini mendapatkan apresiasi dan sambutan baik dari Atdikbud KBRI Den Haag dan beliau siap untuk mendukung terlaksanannya program-program yang telah disepakati oleh kedua pihak.