Batik Sidomukti merupakan batik yang berasal dari kota Surakarta (Solo), Jawa Tengah. Motif batik sidomukti merupakan jenis batik yang terbuat dari zat warna soga alam. Motif batik sidomukti memiliki ciri khas corak berbentuk lekuk-lekuk yang simetris. Batik sidomukti merupakan salah satu batik yang berkembang di Keraton Surakarta. Batik ini merupakan perkembangan dari batik sidomulyo yang telah ada sejak zaman Kesultanan Mataram.

    Sidomukti berasal dari kata sido dan mukti. Kata sido merupakan bahasa Jawa yang memiliki arti jadi atau menjadi. Sedangkan kata mukti merupakan bahasa Jawa yang mempunyai arti kebahagiaan, kekuasaan, dan tidak kekurangan sesuatu.

   Ornamen dalam batik sidomukti memiliki banyak makna yang berkaitan dengan pencapaian kebahagiaan bagi pemakainya. Biasanya batik sidomukti digunakan pengantin pada saat acara pernikahan. Memiliki filosofi sebagai simbol kepercayaan yang membawa pemakainya mendapatkan kemuliaan dan kesejahteraan. Sehingga motif batuk sidomukti dipercaya dapat membawa kemakmuran bagi pengantin untuk menjalani kehidupan rumah tangganya.