PUI Javanologi Universitas Sebelas Maret menyelenggarakan kegiatan TOP 10 UNS JAWAMETRIK 2023 Awarding Night pada hari Jumat, 21 Juli 2023 di Pendhapa R.Ng. Yasadipura, PUI Javanologi UNS. Acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan penghargaan kepada 10 institusi terbaik yang berperan aktif dalam pelestarian dan pengembangan budaya Jawa. Malam Penghargaan UNS Jawametrik 2023 dihadiri oleh Rektor UNS yang dalam hal ini diwakili Plt. Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UNS Prof. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T. beserta jajaran, para Rektor dari berbagai perguruan tinggi, Dekan, para pimpinan Lembaga, seniman hingga budayawan.

Ketua UNS Jawametrik, Ir. Ary Setiawan, M.Sc., Ph.D. menyampaikan bahwa UNS Jawametrik telah mengidentifikasi 117 institusi dari 23 negara, 5 benua, yang aktif meneliti dan mengembangkan budaya Jawa, kemudian diumumkan untuk diambil 10 institusi terbaik yang akan diberikan penghargaan. Plt. Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi, Prof. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T. dalam sambutannya mewakili Rektor menyampaikan bahwa UNS Jawametrik harapannya akan memberikan kontribusi bagi pengembangan budaya Jawa, budaya dunia, dan perdamaian dunia.

Adapun 10 institusi terbaik dalam pelestarian budaya Jawa menurut UNS Jawametrik 2023 adalah 1) Universitas Sebelas Maret, 2) Universitas Negeri Surabaya, 3) Universitas Negeri Semarang, 4) Universitas Gadjah Mada, 5) Institut Seni Indonesia Surakarta, 6) Universitas PGRI Semarang, 7) Universitas Indonesia, 8) Universitas Negeri Yogyakarta, 9) Leiden University, dan 10) Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Salah satu perwakilan penerima penghargaan yaitu Prof. Dr. Bernard Arps dari Leiden University, Belanda, menyampaikan rasa bangganya, karena meskipun dari luar pulau Jawa, tetapi berhasil menerima penghargaan UNS Jawametrik 2023.

Dimeriahkan Launching Keroncong

Acara Malam Penghargaan UNS Jawametrik 2023 dikemas sangat menarik dan dimeriahkan oleh Karawitan Sekar Rinonce Dharma Wanita Persatuan UNS yang  dipimpin oleh Ibu Budhi Wijayanti Jamal Wiwoho dengan membawakan tembang-tembang medley berjudul: Gula Klapa, Kuwi Apa Kuwi, Modernisasi Desa, hingga Gugur Gunung. Tak hanya itu, gelaran UNS Jawametrik 2023 juga dimeriahkan Konser Launching Keroncong “Pancabangsa” yang menyajikan lagu berjudul “Jawa Makmur”. Keroncong Pancabangsa dikemas dalam 5 jenis bahasa yaitu Jawa, Indonesia, Inggris, Belanda, dan Mandarin.