Sahabat Javanologi berbicara tentang kuliner memang tidak ada habisnya, mulai dari camilan maupun masakan khas nusantara sangat menarik untuk dibahas. Kali ini kita akan sedikit mengulik salah satu camilan yang memiliki nama cukup unik yaitu “Rondo Royal”. Rondo Royal adalah makanan tradisional yang dibuat dari tape singkong yang digoreng dengan tepung beras. Makanan satu ini sangat terkenal di Jawa, terutama di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

     Keunikan dari makanan ini adalah karena dalam bahasa jawa Rondo itu artinya Janda dan Royal adalah artinya Mewah namun, ada yang mengatakan lain bahwa, Rondo itu artinya sedikit menyerupai dan Royal artinya adalah Mewah sehingga dapat diartikan bahwa, Rondo Royal memiliki arti sedikit mewah. Meskipun asal usul penamaannya masih simpang siur, namun nama makanan yang satu ini menjadi keunikan tersendiri yang membuat orang-orang yang mendengar nama panganan ini langsung penasaran dan ingin mencicipinya. Di daerah Jepara Selatan orang-orang mempunyai nama lain dari Rondo Royal sendiri adalah Manyos. Namun, orang-orang jawa biasanya menyebutnya dengan sebutan tape goreng.

    Selain namanya yang cukup unik, makanan ini juga memiliki rasa yang nikmat. perpaduan rasa manis sedikit asam  dari tape singkong dan gurih adonan tepung. Bahkan kini rondo royal memiliki varian isi coklat atau keju. Bagi kalian yang mungkin penasaran dengan rasa dari kuliner unik yang satu ini, kalian bisa membuatnya sendiri di rumah. Langkah pembuatannya pun tidak susah dan cukup simple. Langsung saja berikut ini bahan dan langkah yang diperlukan jika kalian ingin mencoba membuat rondo royal:

Bahan-bahan:
1. Tape singkong – 400 gram
2. Tepung terigu – 80 gram
3. Gula pasir – 1 sdt
4. Garam – 1/2 sdt
5. Gula merah, sisir – 100 gram
6. Minyak goreng – secukupnya
7. Tepung Maizena 25 gram
8. Air (opsional) 150 ml

Langkah:
1. Haluskan tapai singkong dan buang sumbu tengahnya.
2. Campur tape, gula, dan garam ke dalam wadah. Tuang tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga semua bahan tercampur rata.
3. Masukkan bahan pelapis ke dalam mangkok dan aduk hingga rata.
4. Ambil adonan tapai lalu bulatkan. Pipihkan dan beri isian gula merah sesuai selera, kemudian celup ke dalam adonan pelapis.
5. Goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan lalu sajikan.

Catatan:
1. Gunakan minyak yang banyak saat menggoreng agar Rondo Royal matang sempurna.
2. Gunakan tape yang tidak terlalu berair agar hasil adonan tidak lembek.
3. Isian bisa diganti sesuai selera.

Baik Sahabat Javanologi, itu tadi bahan dan langkah yang diperlukan untuk membuat kudapan Rondo Royal. Mudah bukan? Selamat mencoba dirumah!

Penulis:
Nimas Ayu Anggraini

Sumber :

https://www.solopos.com/rondo-royal-camilan-khas-jepara-siapa-suka-1169565

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2019/09/24/nikmatnya-rondo-royal-

http://makanan-khas-jepara https://rasabunda.com/resep/resep-rondo-royal-tape-goreng/