Sahabat Javanologi, Indonesia dikenal akan kuliner khas daerahnya yang beragam. Ada banyak sekali makanan khas yang lezat dari berbagai daerah di Indonesia, salah satunya kuliner khas daerah Jawa Tengah yang akan kita bahas kali ini adalah Dawet Ireng. Dawet Ireng adalah minuman khas Purworejo, Sebenarnya Bagi warga yang berdomisili di Purworejo tentunya tak asing lagi dengan Dawet Ireng, minuman khas ‘trade mark’ Butuh, Purworejo, karena minuman ini tersebar luas di pinggir-pinggir jalan raya Purworejo. 

Dawet Ireng adalah minuman berjenis dawet tetapi dengan cendol yang berwarna hitam pekat. Kuliner ini memiliki ciri khas warnanya yang berbeda dengan keberadaan dawet pada umumnya. Kuliner dawet yang sering kita jumpai berwarna hijau dan putih, tetapi kerap juga ada beberapa warna cendol yang digunakan untuk menarik perhatian konsumen. Proses pembuatannya Dawet Ireng sangat alami yaitu diolah dengan tangan dan tak menggunakan bahan pewarna kimia. Warna hitam yang digiunakan untuk cendol dibuat dari daun padi kering (merang) yang dibakar hingga menjadi abu, kemudian abu dicampur dengan air dan menghasilkan warna hitam.

Dibalik warnanya yang hitam dan unik, ternyata Dawet Ireng menyimpan khasiat yang baik bagi yang mengkonsumsinya. Dawet Ireng dipercaya masyarakat mampu meredakan panas dalam dan melancarkan pencernaan. Khasiat tersebut ternyata tidak terlepas dari bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya. Semua bahan yang digunakan adalah bahan alami dan tradisional, termasuk pewarna cendol yang membuatnya menjadi hitam eksotis.

Sahabat Javanologi, resep es dawet ireng ternyata dapat dibuat sendiri dengan mudah di rumah. Cara membuat es dawet ireng cukup praktis bila dibandingkan dengan resep minuman khas nusantara lainnya. Berikut resep dan cara pembuatannya :

Bahan-Bahan Dari Resep Es Dawet Ireng
1.     Siapkan 50 gram tepung sagu
2.     Siapkan 60 gram tepung beras kualitas yang baik
3.     Siapkan 600 ml air
4.     1 sendok teh garam dapur
5.  1 1/2 sendok makan abu merang dan 50ml air, kemudian dilarutkan, lalu disaring
6.     1/8 sendok teh  pewarna hitam

Bahan-Bahan Sirup Untuk Es Dawet Ireng
1.     Siapkan 250 gram gula jawa/gula merah, kemudian diiris secara halus
2.     Siapkan 2 lembar daun pandan
3.     250 ml air
4.     2 tetes vanilla essence untuk penyedap

Bahan-Bahan Kuah Dari Santan Es Dawet Ireng
1.     Siapkan 500 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2.     Siapkan 2 lembar daun pandan
3.     1/4 sendok teh garam dapur
4.     Bahan Pelengkap Untuk Resep Es Dawet Ireng
5.     Buah nangka, kemudian dipotong-potong
6.     Es batu yang telah diserut sebelumnya

Cara Untuk Membuat Minuman Es Dawet Ireng (Hitam) Istimewa
1. Siapkan dahulu adonan cendol dengan mengkombinasikan tepung beras, tepung sagu, air, air abu merang, garam, dan pewarna hitam tadi. Kemudian aduk-aduk sampai adonan benar benar tercampur rata dan tak menggumpal, setelah itu masak sambil konsisten diaduk-aduk sampai meletup-letup dan kental.
2.  Siapkan baskom yang telah berisi berisi air es, selanjutnya tempatkan cetakan cendol di atasnya.
3.   Tuang adonan cendol tadi diatas cetakan kemudian ditekan-tekan atasnya.
4.   Saring cendolnya, kemudian  sisihkan.
5. Didihkan bahan sirup diatas api mungil hingga menjadi kental, aduk-aduk sampai rata, kemudian  sisihkan.
6.  Rebus bahan kuah santan sambil diaduk-aduk hingga mendidih dan janganlah santan menjadi pecah biar rasanya konsisten segar.
7. Sesudah sirup dan kuah santan menjadi dingin, siapkan gelas saji selanjutnya masukkan 1/2 sendok makan potongan nangka, 3 sendok makan cendol hitam, siram juga bersama kuah santan, terlebih dahulu anda beri es batu. Terakhir tuang sirup. Es dawet ireng maka siap untuk dinikmati.

Sahabat Javanologi Es dawet ireng sudah jadi dan siap disantap. Hidangan ini sangat cocok disajikan saat cuaca panas untuk membuat tenggorakan segar.

Penulis :
Nimas Ayu Anggraini

Sumber :

https://www.potensijateng.com/newface/dawet-ireng-purworejo/

https://reseponline.info/resep-es-dawet-ireng-hitam-istimewa-khas-dari-purworejo/