Mbah Minto adalah seorang nenek warga Dusun Selorejo, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten, Jawa Tengah. Sebenarnya, Mbah Minto memiliki nama lengkap Minto Suwito Siyam. Mbah Minto ini diketahui punya empat orang anak yang semuanya telah berkeluarga. 

Setelah sukses menggaet perhatian publik dalam video parodi “gagal mudik” yang viral pada 2020, Mbah Minto makin sering tampil dalam video-video lucu garapan Ucup Klaten dan sukses menjadi karakter yang lucu ikonik di jagat youtube. Konten bertemakan Covid-19 yang digarap Ucup bersama Mbah Minto itu telah jutaan kali ditonton tidak lama setelah diunggah. Bahkan Gubernur Jawa Tengah ikut memberikan apresiasi atas karya tersebut melalui Tunjangan Hari Raya sebesar 1 juta rupiah untuk Mbah Minto. Setelah peristiwa itu, Mbah Minto bersama Ucup makin sering tampil dalam video dagelan Jawa di channel youtube Ucup Klaten.

Meskipun terkenal dalam konten drama lawakan, di balik pembuatan videonya mbah Minto ternyata tidak bisa membaca naskah berupa teks karena terkendala usia usia. Oleh karena itu beliau hanya bisa mendengarkan aba-aba yang diberikan oleh Ucup untuk kemudian dia tirukan. Beliau senang dengan kegiatan tersebut menurut pemaparan Ucup menurut kutipan dari laman Kompas.com.

Mbah Minto merepresentasikan karakter nenek-nenek gaul yang tidak ketinggalan zaman dan selalu up-to-date dalam video-videonya. Penampilan sederhana yang didukung dengan akting alami tersebut diminati oleh netizens hingga lambat laun gaya akting Mbah Minto makin dikenal luas oleh publik. Mbah Minto juga banyak tampil di konten video dalam akun Instagram @ucup_jbsklaten yang tidak kalah lucu dan menarik perhatian dari youtube. Video Dagelan Jawa ramai ditonton dan menjadi konten episodik dan selalu ditunggu-tunggu oleh pemirsanya. Hal ini dibuktikan oleh jumlah penonton yang konsisten berada di angka jutaan dalam video yang menampilkan Mbah Minto.

Sayang sekali, Nenek periang yang telah giat berlakon dalam video jenaka itu kini telah meninggal dunia. Mbah Minto dikebumikan pada Kamis, 23 Desember 2021 pukul 2 siang di Sasonoloyo Wonosaren Bugel, Klaten, Jawa Tengah. Berita ini sempat menjadi trending topik di Twitter. Kabar kematian Mbah minto menarik simpati dan ucapan bela sungkawa dari banyak pihak termasuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Mbah Minto terakhir kali tampil dalam video Dagelan Jowo 190 yang tayang 15 Desember 2021 lalu. Video tersebut ialah karya terakhir sekaligus menjadi karya penutup dari perjalanan Mbah Minto sebagai youtuber.