Alun-Alun Kidul atau yang biasa disebut oleh masyarakat setempat sebagai Alkid merupakan salah satu tempat paling nyaman dan cocok untuk bersantai-santai di keramaian kota Surakarta. Alun-Alun Kidul terletak di Jalan Gading, Gajahan, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah dan terletak di dekat Keraton Surakarta. Oleh karena itu, masyarakat yang berkunjung ke Keraton Surakarta ini biasanya sekaligus bersantai-santai di Alkid. Para pengunjung biasanya menikmati makanan dengan menggelar tikar di atas rumput dan bersantai. Di alun-alun kidul ini banyak para penjual dan penyewaan mainan untuk anak-anak sehingga anak-anak akan betah berlama-lama di tempat tersebut, salah satunya permainan memancing, perosotan besar, sirkuit mobil-mobilan hingga berkeliling dengan sepeda hias. Namun, sepeda hias ini hanya dapat digunakan saat malam karena nyala lampu pada sepeda akan terlihat saat malam hari.

Alun-Alun Kidul sendiri paling cocok untuk dikunjungi dan dinikmati pada sore hingga malam hari, karena pemandangan dan suasana Alkid pada waktu-waktu tersebut sangat cocok untuk sekedar bersantai-santai atau berfoto-foto. Selain itu, di sana terdapat beberapa warung atau tempat makan yang dapat dinikmati hidangannya oleh para pengunjung. Terdapat banyak pedagang makanan murah di selatan Keraton Kasunanan Surakarta ini antara lain pedagang jagung bakar, es degan, wedang asle, cabuk rambak, ronde dan aneka angkringan. Kuliner yang palang dicari oleh pengunjung yang datang ke

Alkid biasanya Jagung Manis. Di hari-hari tertentu, di Alkid ini seringkali diadakan pasar malam, sehingga antusias masyarakat untuk mengunjungi Alkid ini semakin tinggi. Meskpun Alun-Alun Kidul ini lebih cocok dinikmati di sore hingga malam hari, tetapi Alkid ini juga bisa dinikmati di siang hari. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan oleh pengunjung di siang hari seperti menaiki andong mengelilingi Alkid, memberi makan kerbau bule, menikmati kuliner yang ada di sekitar Alkid, bahkan hingga belajar sejarah karena Alun-alun Kidul merupakan bagian dari kompleks Keraton Surakarta Hadiningrat, sehingga tetap menyimpan sejarah.