Pusat Unggulan Iptek Javanologi Universitas Sebelas Maret (PUI Javanologi UNS) menyelenggarakan kegiatan FGD dalam Rangka Kerjasama Publikasi Penyusunan Jurnal bersama Balai Provinsi Jawa Tengah. Acara ini berlangsung di Ruang Audio Visual, Gedung R.Ng. Ranggawarsita PUI Javanologi UNS pada hari Senin, 27/06/2022. Acara ini menghadirkan Dr. Ganjar Harimansyah, Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah  sebagai pembicara. Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh para pakar Inventarisasi Kosa Kata dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, perwakilan dari UNDIP, UNNES, UPGRIS, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Semarang, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab. Purworejo, Peergroup PUI Javanologi UNS dan mahasiswa.

Prof. Sahid Teguh Widodo, M.Hum., Ph.D selaku Ketua PUI Javanologi dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada tahun 2022 PUI Javanologi UNS merancang beberapa program kegiatan, diantaranya adalah hilirisasi hasil riset melalui publikasi dalam jurnal baik nasional maupun internasional. Beliau berharap tahun 2022 – 2023 banyak jurnal dari civitas akademika uns dapat dipublikasikan di berbagai jurnal ilmiah dan juga mengharapkan Javanologi: International Journal on Javanese Studies dapat terus diterbitkan secara berkala dan terindeks Sinta maupun Scopus. Saat ini sudah menerbitkan Vol. 5 No. 2.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menyambut gembira atas kerjasama yang terjalin selama ini.

“Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah sebagai unit layanan teknis dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia tentu sangat concern sekali dengan Javanologi sebagai mitra strategis” ungkap Ganjar.
Beliau juga membagikan kunci-kunci sukses Jurnal bisa melalui hasil-hasil tesis dan disertasi mahasiswa yang mempunyai artikel unik untuk dimasukkan dalam jurnal-jurnal internasional dan pengelolanya harus “gila” (dalam artian kuat dan tahan banting).

Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah sendiri memiliki dua Jurnal Nasional yang  terakreditasi Sinta yaitu Jalabahasa (Sinta 4), kajian dalam linguistik bahasa dan Jawa utamanya dan Alayasastra (sinta 5) yang mengutamakan bidang kesusastraan. Keduanya terbit 2 kali dalam 1 Tahun. Harapannya Jurnal tersebut akan menjadi peluang publikasi ilmiah antara PUI Javanologi dan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah.