Tari Gambir Anom

Tari Gambir Anom merupakan tari klasik yang berasal dari daerah Surakarta, Jawa Tengah dan telah ada sejak zaman Kerajaan Mataram Islam. Catatan sejarah tari Gambir Anom memang masih belum banyak data yang jelas dari para sejarawan dan seniman. Walaupun demikian, kesenian tari tradisional ini diyakini sudah ada ketika masa Kasunanan Surakarta.

Tari gambir anom menggambarkan sosok Irawan yang merupakan anak dari tokoh pewayangan Arjuna. Selain itu, tarian ini biasanya akan dibawakan oleh penari laki-laki, sebab tidak bisa dilepaskan dari cerita yang dimuat dalam setiap gerakannya. 

 

 

Penari Gambir Anom

Walaupun pada awalnya tarian ini dibawakan oleh seorang penari laki-laki secara tunggal dan dalam perkembangannya Tari Gambir Anom juga diperankan oleh perempuan.

Keunikan gerakan juga dapat kita lihat dengan jelas, dimana tarian ini selain memamerkan gerakan yang gemulai juga sedikit banyak memperlihatkan gerakan pantonim seperti berdandan, bingung, dan sebagainya.

 
Penari Gambir Anom

Tarian Gambir Anom umumnya dihadirkan sebagai pertunjukan di dalam keraton untuk menyambut tamu agung. Selain sebagai tarian sambutan, tarian ini juga sering dipentaskan pada acara-acara peringatan Hari Besar Nasional. 

 

Apabila anda menyukai konten-konten kami, kunjungi laman Instagram dan YouTube kami dan bagikan konten kami kepada teman-teman anda.