Benteng Vastenburg merupakan salah satu bangunan bersejarah yang ada di Solo. Bangunan ini merupakan benteng peninggalan Belanda yang terletak di kelurahan Kedung Lumbu, kecamatan Pasar Kliwon, kota Surakarta, Jawa Tengah. Bangunan yang penuh akan unsur sejarah ini berdiri kokoh disekitar kota Solo. Dengan unsur sejarah nya yang kental ini membuat benteng satu ini menjadi wisata edukasi yang bagus untuk wisatawan, terutama yang hobinya mengunjungi tempat-tempat bersejarah.

Benteng ini dibangun tahun 1745 atas perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff. Benteng ini dibangun pertama kali pada 1745 atas prakarsa Gubernur Jenderal Baron van Imhoff. Kala itu, Benteng Vastenburg digunakan oleh Belanda untuk mengawasi Keraton Kasunanan Surakarta. Bahkan dulunya di benteng ini sempat ada meriam yang diarahkan langsung ke keraton. Memasuki akhir abad ke-20, Benteng Vastenburg sempat terbengkalai dan berada di tengah konflik kepemilikan. Pada 2010, benteng ini akhirnya ditetapkan sebagai Situs Cagar Budaya dan dilakukan restorasi untuk memperbaiki bangunannya.

Tentunya sebagai tempat wisata edukasi sejarah di Kota Solo, diperlukan biaya tiket masuk. Biaya masuk benteng sendiri adalah Rp 1.000 untuk anak-anak dan Rp 2.000 untuk dewasa. Harga memang sangat terjangkau. Yang Anda dapatkan di atas semua itu adalah pengetahuan tentang sejarah bangsa Indonesia. Jika ingin mengunjungi situs Fort Vastenberg, benteng ini sendiri sebenarnya buka 24 jam. Karena bagian luar benteng selalu terbuka. Namun, Anda bisa memasuki benteng hanya sampai sore hari. Ini terdiri dari empat bangunan, masing-masing berfungsi sebagai jalan pendidikan sejarah. Saya sangat menikmati makanan ketika saya datang ke sini.